Ganti Judul dan ALt sendiri

3 Kunci Sukses Menjadi Blogger Profesional. Yuk, Lakukan Sebagai Resolusi Blogging di Tahun Baru!

3 Kunci Sukses menjadi blogger profesional

Hai, Happymoms!

Tahun baru 2024 segera menjelang. Sebuah kebiasaan yang dilakukan banyak orang adalah melakukan refleksi dan evaluasi atas capaian selama tahun 2023, dan bersiap dengan rencana atau target pencapaian baru di tahun 2024. Mommies juga melakukan hal yang samakah? 

Jujur, saya pribadi jarang melakukannya. Karena di awal tahun 2023 pun saya tidak membuat rencana capaian secara mendetail. Biasanya saya hanya membuat wish list, harapan-harapan yang saya inginkan selama setahun ke depan.

Namun, kali ini saya tergelitik saat melihat postingan di Instagram Blogspedia. Menyadari bahwa saya adalah newbie alias cupuers di kancah per-blogging-an, sepertinya saya perlu untuk membuat targetan khusus setahun ke depan. Kenapa? Tentu saja agar ilmu dan semangat yang saya dapatkan dalam rangkaian Blogspedia Coaching batch 4, selama 3 bulan kemarin tidak menguap begitu saja. Saya juga harus kembali menguatkan tekad dan membangun konsistensi untuk bisa menjadi seorang blogger profesional, seperti yang saya cita-citakan. Apa saja langkah yang saya akan lakukan? Inilah resep menjadi blogger profesional ala Coach Marita Ningtyas.

Blogger Kini dan Nanti

Tahukah Mommies bahwa saat ini, terdapat lebih dari 570 juta blog di internet. Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet. Di Indonesia sendiri pengguna internet sebanyak 213 juta orang per Januari 2023, setara dengan 77% total populasi indonesia. Data yang bersumber dari databoks.katadata.co.id tadi disampaikan oleh Coach Yuni saat sharing session di grup Cupuers Blogspedia. Nah, bisa dibayangkan ya, peluang bertambahnya blogger dan besarnya kesempatan berkembangnya dunia blogging.
Kunci Sukses menjadi blogger profesional
Saat ini blog bukan hanya sebagai wadah untuk para blogger berbagi cerita tentang kisah kehidupannya semata. Namun, blog telah berkembang menjadi sebuah media yang mampu menghadirkan informasi tentang banyak hal. Informasi tentang suatu produk atau jasa, rekomendasi tempat wisata, kuliner, sekolah dan pekerjaan. Juga informasi terupdate tentang perkembangan dunia teknologi-gadget, kecantikan, kesehatan, keuangan, dan sebagainya. Belum lagi beragam sharing tentang pengalaman, tutorial atau aktivitas sehari-hari yang terasa lebih relate dengan para pembacanya. Blog dan blogger telah menjadi bagian dari media informasi bagi masyarakat modern saat ini.

Coach Yuni juga menyampaikan bahwa, saat ini, banyak pemilik usaha/pemasar produk yang memilih blog sebagai agen pemasaran mereka. Sebanyak 53% pemasar mengatakan bahwa blogging adalah prioritas pemasaran konten utama mereka. (Sumber: Hubspot). Hal ini menunjukkan kesempatan untuk para blogger bisa menjadi blogger profesional dan menghasilkan cuan dari aktivitas blogging.

Kunci Sukses menjadi blogger

The Journey is Beginning

Akhir tahun 2023 akan saya ingat sebagai pertanda di sinilah titik mula saya memulai perjalanan sebagai seorang blogger.

Ini saatnya untuk mengaplikasikan semua ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan bersama Blogspedia Coaching. Tentang bagaimana mengelola blog agar menarik, membuat konten yang berkualitas, konsisten dan menikmati blogging serta terus belajar meng-upgrade kualitas diri sehingga layak disebut sebagai blogger profesional.

Saatnya saya mewujudkan niatan untuk bisa berbagi manfaat dan kebaikan lewat tulisan-tulisan dalam blog ini. Mungkin bukan suatu perubahan besar yang akan terjadi, tapi setiap kata yang saya rangkai ada harapan dari hati terdalam untuk bisa memberikan inspirasi kebaikan bagi para pembaca.

Ini waktunya mulai menjajal sejauh mana tekad hati untuk konsisten. Menguatkan azzam untuk bisa mengalahkan kemalasan dan prokastinasti yang menjebak diri. Mengasah otak agar setiap konten sarat makna, bukan hanya tulisan tak berdampak. Mendisiplinkan diri, menetapi setiap rencana dan jadwal agar tak hanya sekedar menjadi wacana.

Lewat blog ini saya ingin menyampaikan kepada para pembaca, wabil khusus para Mommies …

"Mom, dirimu tak sendiri. Ada aku di sini. Kita bisa belajar bersama, saling menyemangati dan menguatkan. Kita berproses bersama untuk menjadi istri yang baik, ibu yang bahagia dan seorang perempuan yang berdaya. Kita bisa melewati setiap episode kehidupan kita dengan tetap menjalankan peran sebaik dan semampu kita. Kita berharga dan kita akan bahagia, jika tidak di dunia (yang sementara ini), insya Allah kebahagiaan itu menunggu kita di surga. Love you, coz Allah."

And … this is it! The journey as a mom blogger is beginning.

Bagaimana Menjadi Blogger Profesional?

Apa itu Blogger Profesional?

Blogger mana yang tidak ingin menjadi seorang blogger profesional? Blogger yang tidak hanya “sekedar” menjalankan hobi menulisnya saja, tetapi bisa menghasilkan uang dari aktivitas blogging nya. Dan bahkan menjadikannya sebagai profesi.

Blogger profesional dikenal secara luas, baik di kalangan pembaca blog maupun para pemakai jasa blogger. Mempunyai pembaca setia yang menanti setiap tulisan yang dibuatnya dan dipercaya oleh banyak brand atau klien dalam kerja sama.

Blogger profesional mempunyai kredibilitas dan tanggung jawab dalam menjalankan aktivitas blogging nya. Hal itu tercermin dari konten-konten berkualitas yang dibuatnya dan dedikasinya dalam menulis. Lagi-lagi, hal ini tidak hanya sekedar menulis, tapi membuat tulisan yang bisa memberikan dampak bagi para pembacanya. Memberikan informasi yang bermanfaat, inspirasi dan motivasi, hingga rekomendasi yang membantu pembaca menentukan pilihannya.

Lantas bagaimana cara menjadi seorang blogger profesional? Scroll up, yuk!.

Kunci Sukses menjadi blogger profesional

3 Kunci Sukses Menjadi Blogger Profesional ala Marita Ningtyas

Sejak awal berjalannya Blogspedia Coaching batch 4 kemarin, Coach Marita sudah menyampaikan materi tentang kunci sukses menjadi seorang blogger profesional. Tiga saja. Ya, blogging itu sejatinya tentang tiga hal itu saja. Tapi apakah sesederhana membayangkan jumlah yang hanya tiga? Tentu saja tidak, ya, Moms. Hehe… kalau segampang itu tidak mungkin dong proses belajar kamu berjalan selama tiga bulan. Dan itu baru awalan.

Nah, inilah tiga kunci sukses menjadi blogger profesional ala Coach Marita:

1. Passion

Berproses menjadi blogger profesional tentu saja butuh waktu, usaha dan pengorbanan. Menjalani proses yang tidak mudah butuh kesabaran dan ketelatenan. Apalagi jika harus belajar dari nol. Effort yang harus dilakukan adalah dua kali lipat. Di satu sisi harus belajar dan di sisi lain juga harus segera action. Maka butuh energi lebih banyak untuk bisa bertahan. Energi itu adalah passion.

Ya, passion! Ketertarikan dan kecintaan kita terhadap dunia literasi, menulis, dan berbagi informasi inilah yang akan terus mendorong kita dalam berproses menjadi blogger profesional. Passion menjadi alasan bagi kita untuk terus bertahan saat banyak tantangan dan halangan harus ditaklukkan.

Selain mendasari semangat kita dalam menulis, passion juga kita wujudkan kembali dalam pemilihan niche blog. Bidang apa yang sangat kita minati itulah sumber energi bagi kita untuk terus berbagi. Semangat kita untuk terus belajar tentang tema tersebut, pengalaman dan pengetahuan kita tentangnya, menjadikan konten-konten yang kita buat lebih berbobot dan bermanfaat, insya Allah.

Passion juga menjadikan aktivitas blogging kita terasa lebih menyenangkan. Bukan sebagai beban atau kewajiban yang harus segera diselesaikan, tapi karena kita memang ingin melakukannya. Niatan di hati untuk berbagi dan kebahagiaan dalam menuliskannya, akan mengalirkan banyak rasa kepada para pembaca, bukan sekedar rangkaian kata semata.

“Nge-bloglah dengan hati. Apa yang kita kerjakan dengan hati akan akan menyentuh banyak orang. Ketulusan akan dibayar rezeki Allah dengan berlipat-lipat, salah satunya dari sisi materi.” - Marita Ningtyas

Jadi, kunci utama untuk bisa menjadi blogger profesional adalah mencintai blogging dan melakukannya dengan bahagia.

2. Skill

Seorang blogger profesional tentu saja harus mempunyai skill atau kemampuan yang mumpuni, ya. Wajib ini, mah! Kemampuan inilah yang akan membuat blog kita naik level dan lebih berkualitas.

Kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang blogger profesional?

a. Menulis artikel

Artikel untuk blogspot tidak hanya harus memenuhi kaidah penulisan artikel yang baik tetapi juga harus memperhatikan ketentuan google friendly, SEO friendly, dsb.

b. Membuat konten yang menarik

Seorang blogger profesional harus mampu membuat berbagai macam konten, mengemasnya dengan menarik tanpa melupakan validitas informasi yang dibuat. Konten harus berdasarkan riset/ menggunakan referensi terpercaya, ditulis sesuai ketentuan, dengan penuturan yang menarik. Juga dilengkapi dengan ilustrasi berupa foto, infografis atau video yang relevan.

c. Copywriting

Kemampuan copywriting juga sangat penting untuk mendukung seorang blogger profesional dalam membuat konten yang berkualitas. Blogger harus mampu menyampaikan informasi dengan lengkap tetapi tidak membosankan, mampu membuat pembaca bertahan hingga akhir tulisan dan mendorong pembaca untuk menerima rekomendasi yang blogger berikan.

d. Menguasai SEO on page

Memahami berbagai hal tentang SEO on page adalah keharusan bagi blogger yang ingin go profesional. Artikel dan konten yang kita buat akan lebih banyak menjangkau pembaca jika memenuhi ketentuan SEO on page dan tampil di halaman pertama Google. Maka blogger profesional wajib paham dan menerapkan hal ini dalam setiap menulis konten.

e. Memahami tentang pengukuran performa blog

Ada berbagai macam pengukuran performa blog yang harus dipahami oleh blogger profesional. Hal ini penting karena mendukung kepercayaan dari pihak pemakai jasa blogger. Berapa nilai Domain dan Page Authority, jumlah pengunjung atau Page View. Juga berbagai aplikasi pendukung seperti Google Analytics, Google Search Console, Google News, dsb.

Kunci Sukses menjadi blogger profesional
 

f. Membuat infografis

Salah satu kemampuan yang juga penting dimiliki oleh seorang blogger profesional adalah kemampuan design grafis. Tidak harus level mahir, ya. Minimal bisa membuat berbagai ilustrasi seperti infografis, edit foto/gambar, edit video, dsb. Saat ini telah banyak aplikasi yang user friendly dan menyediakan aneka template yang bisa digunakan.

g. Branding dan optimasi di media sosial

Optimasi di media sosial sangat mendukung branding sebagai blogger profesional. Hal ini memudahkan publik mengetahui konten-konten blog kita, juga sebagai validasi status kita sebagai blogger. Media sosial juga akan meningkatkan engagement blog dengan para pembaca.

h. Update info terbaru tentang dunia blogging

The last but not the least, seorang blogger profesional tentu harus selalu up date dengan perkembangan dunia blogging, ya. Agar bisa terus belajar, mengembangkan dan melakukan penyesuaian diri.

3. Consistency

“Membuat blog itu gampang, yang menantang itu konsisten membuat postingan.” -Marita Ningtyas

Kunci terakhir tapi terberat untuk dilakukan adalah konsistensi. Syarat minimal untuk naik level menjadi seorang blogger profesional dan mulai dilirik oleh pihak pemakai jasa blogger, adalah jumlah postingan. Maka mau tidak mau harus konsisten untuk posting konten.

Belum lagi untuk menjaga atau meningkatkan performa blog, harus juga dilakukan secara konsisten. Menerapkan SEO on page, blog walking, optimasi media sosial, backlink building, dsb.

Konsisten itu seringkali sulit dilakukan sendirian, maka bergabung dengan komunitas adalah salah satu solusi jitu untuk menjaga konsistensi. Memiliki partner blogger yang satu frekuensi juga sangat membantu untuk menjaga semangat dan teman curhat saat konsisten mulai terasa berat.

Tahun Baru, Semangat Baru!

Tahun baru menjadi momen yang tepat untuk kita memperbaharui tekad, memasang target baru dan merapikan kembali rencana untuk mencapainya. Sebuah awalan yang baik tentu akan mengantarkan pada hasil yang lebih baik kan, Moms.

So, teruntuk para mom blogger yang ingin naik level menjadi blogger profesional tahun 2024, yuk terus jaga passion menulis kita, tingkatkan kemampuan blogging dan tetap konsisten!

Kunci Sukses menjadi blogger profesional


Jika ingin blog kita menghasilkan tentu kita harus mengelolanya dengan baik, konsisten dalam melakukannya dengan penuh cinta.

Semoga tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga semua rencana dapat berjalan dengan baik dan diberikan hasil terbaik oleh Allah SWT. Semoga kita semua bisa menjadi blogger profesional. Aamiin.

Selamat Tahun Baru 2024, Moms!

6 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Hmmm...saya blogger pemula yang baru mulai serius belajar tentang blogging agak nyesel sih kenapa gak dari dulu-dulu ya belajarnya..hehe... Tapi artikel ini cukup membantu menambah pengetahuan saya menyusun strategi kedepannya. Bismillah, semoga di tahun 2024 blog saya bisa berkembang ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sama Mbak. Saya juga udah lama diajakin teman ikutan BP Coaching, tapi sayanya masih belum berani 😅. Bismillah saling mendukung ya, Mbak

      Delete
  2. Tulisan ini really mencambuk diriku as a beginner blogger mbak. Procastination masih selalu jadi masalah utama deh di aku huhu...kenapa yaa...malas memulai dan selalu butuh disemangatin orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu... kenapa ya? Aku pun. Selalu mencari pemakluman. Yuk, saling menyemangati, Mbak 🔥🔥

      Delete
  3. Terkejut juga dengan fakta 570 blog yang ada di dunia. Itu berarti 2x lipat populasi Indonesia. Banyak banget. Ini bisa diartikan peluang blog dengan artikel berbahasa Inggris juga semakin besar ya mb. Btw tulisan mb Iis ini kelihatan nyatet materinya coach Marita. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Peluangnya besar banget. Hehehe, buka materi lagi itu, Mbak 😂

      Delete