Ganti Judul dan ALt sendiri

Mau Artikelmu Eksis? Daftar Google News, Yuk!


Daftar Google News

Hai…hai, Happymoms!

Sudah menyimak berita terkini hari ini? Meskipun sebagai mommy-mommy happy di rumah saja, kita juga harus tetap up date berita terkini, ya. Salah satu cara mudah menyimak berita terbaru adalah dengan mengakses adalah Google News. Dan ternyata, artikel-artikel yang kita tulis di blog personal seperti ini juga bisa eksis di Google News, lho! Kok bisa? Bisa, dong. Yuk, Moms simak cara daftar Google News berikut ini!

Apa itu Google News?

Setelah kemarin saya berbagi tentang pengalaman belajar memasang Google Analytics dan Google Search Console, kali ini saya kembali diberikan kesempatan untuk belajar tentang layanan Google yang lain. Masih sepaketan ya, dengan dua layanan yang saya sebut di awal. Dan nantinya ketiganya ini akan saling melengkapi dalam mendukung performa blog. Layanan apakah itu?

Kali ini saya belajar tentang Google News.
Apalagi ini?

Menurut Wikipedia, Google News atau Google Berita (sebelumnya Google Warta) merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Jadi, Google News ini akan menampilkan artikel/berita terbaru dari berbagai sumber (kanal berita) yang mempunyai tema bahasan yang sama.

daftar Google News

Hasil artikel/berita yang ditampilkan juga bisa berupa hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci penelusuran. Artikel/berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna dan yang terbaru alias ter-up date.

Meski artikel/berita-berita yang ditampilkan sudah diseleksi secaraa otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna.

Apakah bisa kita mencari artikel/berita-berita lama? Bisa dong! Karena Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama. Dan layanan Google News ini gratis, alias layanan cuma-cuma dari Google. Wah, asyikkan, Moms 🤗

Apa Beda Google News?

Lalu apa bedanya membaca berita di kanal berita kebanyakan dengan di Google News?

Dalam laman resminya Google disebutkan bahwa Google Berita dapat membantu kita menjangkau audiens baru dan menarik pembaca berita antusias ke situs/blog kita. Dengan Google Berita, pengguna dapat:

Menerima berita ter-update

Membaca berita tentang peristiwa yang terjadi saat ini tentu menjadi pengalaman menarik ya. Selain itu kita juga bisa menyimak berita di seluruh dunia dan beragam konten dari berbagai penerbit
daftar Google News

Berlangganan berita

Kita bisa berlangganan ke penyedia berita agar tidak tertinggal up date terbaru dan juga bisa memilih topik tertentu sesuai dengan kebutuhan kita.

Membuat bookmark

Kita juga bisa menandai atau membuat bookmark untuk artikel/berita penting yang masih kita butuhkan. Dan juga bisa dengan mudah membagikan artikel/berita tersebut.

Personalisasi konten

Kita juga bisa mempersonalisasi konten di rubrik “Untuk Anda”. Kita bisa mendapatkan berita sesuai dengan minat dan kebutuhan informasi.


Manfaat Daftar Google News Untuk Blogger

Google News ternyata sangat membantu bagi para blogger. Dengan mendaftarkan blog kita ke Google News, kita bisa membuat artikel-artikel auto eksis di halaman pertama hasil pencarian Google. Caranya adalah dengan menggunakan alat Pusat Penerbit (publisher center) untuk membagikan konten kepada Google News. Yaitu dengan mengirimkan feed RSS, URL situs, atau video.

Selain itu, dengan daftar ke Google News, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para blogger, wabil khusus mom blogger. Apa sajakah itu?

1. Indexing Otomatis

Yang paling utama manfaat adalah Google News adalah membantu mempermudah proses indexing artikel yang kita posting di blog. Kalau kemarin kita harus melakukan inspeksi url setiap postingan/artikel ke Google Search Console, maka dengan mendaftarkan blog di Google News, semua bisa bisa dilakukan secara otomatis.

Google akan melakukan crawling setiap ada postingan artikel dan melakukan indexing tanpa harus kita lakukan secara manual. Tentu saja ini akan sangat menghemat waktu dan terhindar kemungkinan kita lupa melakukan inspeksi. Sangat membantu sekali, kan?

2. Membantu SEO on page

Dengan adanya indexing otamatis setelah daftar ke Google News, maka kemungkinan artikel kita untuk bisa ditampilkan di laman pertama pencarian Google semakin besar. Hal ini tentu saja akan sangat membantu optimasi SEO on page setiap artikel kita. 

3. Meningkatkan Traffic Organik Blog

Manfaat lain dari mendaftarkan blog kita di Google News ialah dapat meningkatkan traffik organik di blog. Karena artikel kita masuk ke laman Google News sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pembaca. Dan jika jumlah pengunjung semakin banyak maka kesempatan untuk bisa terus muncul di mesin pencarian Google akan semakin besar. 

daftar Google News

4. Mendapatkan Pembaca Setia 

Dengan adanya fitur personalized content para pembaca Google News dapat memilih berita yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Maka setiap pengunjung blog akan merasa senang karena topik yang ada di blog kita cukup relevan dan sesuai dengan apa yang pengunjung butuhkan. Jika artikel yang kita tulis berkualitas dan bermanfaat, maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi ke blog kita di lain waktu dan menjadi pembaca setia blog kita.


5. Referensi Ide Sesuai Niche

Dengan mendaftarkan blog ke Google News, kita juga akan mendapatkan up date berita dari berbagai sumber. Dan ini adalah peluang besar mendapatkan banyak ide tulisan sesuai dengan niche blog kita. 
Kita bisa menulis tentang konten trend/viral saat itu, atau sebaliknya menulis tentang tema yang banyak dibahas dan selalu dicari para pembaca Google News. So, bye-bye buntu ide, heee....

6. Peluang Monetisasi 

Dengan mendaftar ke Google News, kita juga akan lebih mudah untuk memasang iklan atau mengaktifkan Google Adsence. Artikel yang muncul di halaman pertama Google, jumlah pengunjung yang banyak akan menarik untuk Google memasang iklan di artikel kita. 

7. Meningkat Kredibilitas dan Otoritas

Daftar di Google News akan meningkatkan kredibilitas dan otoritas kita sebagai blog yang berkualitas. Kita juga mendapatkan otoritas sebagai penulis yang kompeten dalam bidang yang kita pilih (sesuai niche). Karena artikel kita telah muncul di halaman pertama Google dan dibaca oleh banyak pengunjung. 

Cara Daftar Blog ke Google News

Setelah kita mengetahui tentang apa itu Google News dan manfaatnya, tentu mom blogger ingin segera daftar juga, kan? Yuk, ikuti cara mendaftarkan blog ke Google News berikut ini.

Masuk ke Publisher Center

  • Langkah pertama adalah masuk ke laman Publisher Center (Pusat Penerbit)
  • silakan klik https://publishercenter.google.com/
  • Lalu masukkan URL blog kita (yang sama dengan yang kita pakai di Google Search Console) pada kolom yang tersedia dan klik tambahkan/ Add.
daftar Google News

Tambahkan Publikasi

  • Pada laman pop up, masukkan nama (sesuai dengan nama blog)
  • Pilih negara dan bahasa
  • Centang kotak di bagian bawah, lalu klik Tambahkan Publikasi

Mengisi Jelajah Product (Explore Product)

Pilih kotak yang bertuliskan Google News, kemudian klik buka/open. Maka akan terbuka laman Setelan/Google News Setting. Klik edit di bagian kanan atas.

daftar Google News

Mengisi Setingan Google News

1. Masukkan Informasi Dasar

  • Pilih kategori dengan niche blog kita. jika tidak ada yang pas, pilih yang kategorinya paling mendekati
  • Pada bagian distribusi : opsi negara pilih seluruh dunia; opsi properti Google, pilih izinkan semua properti
  • Klik tombol simpan di bagian kanan atas dan tombol berikutnya di bagian kanan bawah

2. Mengisi Setelan Konten

  • Pada tampilan laman section/rubrik, klik tombol +Rubrik Baru, lalu akan muncul pilihan feed, lokasi web dan video.
  • Klik Feed. Lalu isi kolom-kolom yang tersedia.
  • Bagian Judul Rubrik, isi dengan nama blog
  • Bagian RSS atau atom feed url, isi dengan url feed blog yang didaftarkan. Atau bisa dengan menggunakan link ini, lalu ganti nama domain (warna ungu) blog dengan blog mommies. https://iissanti.com/feeds/posts/default
  • Bagian View Access, isi dengan semua orang/Anyone.
  • Kemudian klik add di bagian kanan bawah, dan klik save di bagian kanan atas.
daftar Google News 
Jika semua data sudah masuk dengan benar maka judul-judul artikel kita akan muncul di bawah feed. Jika belum muncul klik refresh.

daftar Google News

3. Mengecek pratinjau dan publikasi

Langkah berikutnya adalah kita buka bagian pratinjau dan publikasi. Di sini akan ditampilkan catatan pratinjau jika ada bagian yang belum diisi dengan benar. Klik bagian pratinjau/review, lalu lengkapi.

a. Pada tahap ini saya kembali lagi ke laman setingan umum/general untuk menambahkan kontak. saya masukkan akun email dan centang kolom opsi pemberitahuan yang akan dikirim ke email. kemudian klik add dan juga simpan/save.

daftar Google News

b. Kemudian pada bagian visual saya memasukkan logo berbentuk persegi dan persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut :
  • Logo Square, ukuran 512 x 512 px atau rekomendasinya 1000 x 1000 px
  • Banner blog ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround putih)
  • Banner blog ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround gelap)
Jangan lupa untuk klik tambahkan/add dan simpan/save.  

Daftar Google News

c. Berikutnya saya mengisi form persetujuan layanan.
Isi semua kolom yang tersedia, dengan nama, email, status jabatan (isi dnegan owner), dst. Centang kolom persetujuan lalu kirim

Melakukan Publikasi

Setelah melakukan pengecekan di laman pratinjau dan publikasi, dan selesai melakukan pelengkapan data, langkah selanjutnya adalah melakukan pengiriman atau publikasi. Klik tombol publikasi dan akan ditampilkan status permohonan pendaftaran blog kita. Status terakhir proses pendaftaran saya adalah Sedang Ditinjau (In Review).

Daftar Google News

Status hasil pendaftaran blog ke Google News ada tiga macam, sebagai berikut:
  • Live : Jika pendaftaran telah diterima oleh Google dan blog kita telah terhubung dengan pusat penerbit Google News.
  • Not Live : Jika pendaftaran yang kita ajukan tiadak diterima oleh Google. Bisa jadi karena ada yang masih belum lengkap dalam proses pengisian data atau ada yang error.
  • In review : Jika pendaftaran yang kita ajukan masih dalam tahap pemeriksaan oleh Google. Maka kita harus tunggu untuk memastikan status akhir kita di terima berubah menjadi Live atau tidak diterima (Not Live) dan melakukan pengecekan ulang.

Menunggu Perubahan Status

Hingga saat artikel ini tayang, status pendaftaran saya masih Sedang Ditinjau (In Review). Menurut pengalaman para coach Blogspedia Coaching, memang dibutuhkan waktu beberapa saat menunggu proses diterima. Namun, terdapat notif dari Google bahwa Publisher Center Google News sedang dalam proses maintenence (perbaikan). Bisa jadi hal ini juga yang mengakibatkan proses review memakan waktu lebih lama.

Jika Happymoms akan melakukan langkah-langkah daftar Google News di atas, pastikan teliti dan sabar dalam menyelesaikan setiap tahapannya. Kuncinya adalah melakukan pengecekan di laman Pratinjau dan Publikasi. Pastikan semua catatan Review diperbaiki. Sebenarnya tidak terlalu rumit juga, ya? Yuk, segera praktikkan!

Semoga Berhasil 💕💕



Sumber Referensi: 
Wikipedia
https://support.google.com/news/publisher-center
https://www.kompasiana.com/armandgiearokhmani/618a64322607db798e3ab012/manfaat-google-news-untuk-indexing-google?lgn_method=google
https://www.blogspedia.my.id/?s=Google+News+


8 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Wow artikelnya lengkap dan sangat membantu buartreferensi🥰🥰. Aku lupa ga Nemu bagian refresh itu...soalnya artikelnya langsung muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah bagian yang semakin bikin deg-degan, mbak 🤣

      Delete
  2. Wah noted nih mbak untuk status pendaftaran Google News nya..

    ReplyDelete
  3. Lengkap banget mbk, step by stepnya... Alhamdulillah saya sudah sukses submit. Tinggal nunggu review.. 🤗

    ReplyDelete
  4. iyaaa pas review aku dapat email setelah empat hari karena namanya tidak sama. Jadi sekarang baru aku ganti, semoga berhasil juha kayaknya punyanya mbak santi

    ReplyDelete