Ganti Judul dan ALt sendiri

Apa Manfaat SEO untuk Bisnis Momprenuer? Cek, yuk!

Hallo, Happymoms!
Apa kabar?

Always be happy, ya, meskipun seharian kita hanya berkutat di rumah saja. Dan ternyata kita masih bisa melakukan banyak aktivitas, lho, dari rumah. Termasuk menjalankan bisnis dan menjadi seorang momprenuer.

Keberadaan momprenuer semakin banyak seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan media sosial. Dunia digital membuka peluang besar juga untuk para momprenuer mengembangkan bisnisnya secara online lewat media sosial dan situs/website. Nah, agar bisnis Happymoms makin berkembang, wajib banget menyimak catatan saya kali ini. Tentang apa manfaat SEO untuk momprenuer. Penasaran … cekidot!


Manfaat SEO untuk Bisnis Momprenuer



Apa itu SEO


SEO atau Search Engine Optimization adalah cara-cara yang dilakukan untuk mengoptimalisasi sebuah website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari sehingga menempatkannya di halaman pertama hasil pencarian, dengan kata kunci tertentu yang dimasukkan oleh pengguna.

Jadi saat Happymoms memasukkan suatu kata kunci di search engine Google, misalnya, maka Google akan memberikan banyak halaman/website yang memuat kata kunci tersebut. Nah, SEO lah yang membuat mesin pencari Google bisa menemukan website-website itu. Kemudian diurutkan sesuai dengan relevansi dari kata kunci yang dimasukkan. Yang paling relevan akan berada di halaman pertama hasil pencarian.

Sampai di sini bisa pahami ya, Moms?

Jadi, jika Happymoms mempunyai sebuah produk/jasa/brand dan membuat website khusus untuk media promosi dan penjualannya, maka mau tidak mau harus belajar dan menggunakan SEO ini.

SEO untuk bisnis Momprenuer


Secara umum ada dua jenis SEO yang digunakan untuk mengoptimasi halaman/website. Yaitu SEO on Page dan SEO off Page.

SEO on Page adalah cara untuk mengoptimasi website dari internal website itu sendiri. Misalkan pemilihan judul, kata kunci, permalink, isi konten, gambar, dsb. Sedangkan SEO off Page adalah cara optimasi website dari sisi eksternalnya. Misalnya pembangunan link, promosi di media sosial, dsb.

SEO untuk momprenuer
 

Untuk menunjang bisnis momprenuer, Mommies bisa menggunakan beberapa cara SEO on page berikut ini dalam membuat artikel, di antaranya :

- Pemilihan Judul

Judul adalah daya tarik pertama pagi pembaca. Pastikan judul dibuat semenarik mungkin dan membuat penasaran, sehingga pembaca akan tetap bertahan pada halaman artikel hingga akhir.

Judul sebaiknya dibuat singkat, padat dan jelas. Panjang idealnya tidak lebih dari 55 karakter dan harus mengandung kata kunci.

- Kata kunci dan sebarannya

Pemilihan kata kunci sangat menentukan dalam SEO. Lakukan riset terkait dengan penggunaan kata kunci tersebut di pencarian populer. Hal ini untuk melihat seberapa banyak kata kunci ini telah dipakai dan siapa penulis artikelnya. Jika kata kunci sudah banyak dipakai oleh media-media besar, maka kemungkinan artikel Moms masuk ke halaman pertama semakin kecil.

Selain itu riset juga berguna untuk menentukan turunan kata kunci (kata kunci yang sepadan) yang bisa digunakan dalam artikel.

Pemilihan kata kunci harus spesifik, sehingga kemungkinan untuk bisa masuk ke halaman pertama lebih besar. Peletakan kata kunci juga harus diperhatikan. Kata kunci sedapat mungkin tersebar pada seluruh bagian artikel. Yaitu pada :
  • judul
  • paragraf pertama/kedua
  • pada sub judul
  • dan paragraf terakhir

- Jumlah Kata

Jumlah kata juga perlu diperhatikan agar artikel terverifikasi oleh mesin pencari. Artikel yang terlalu pendek akan dinilai tidak kompeten.

Secara umum jumlah kata yang dinilai cukup antara minimal 300 - 500 kata. Lebih panjang lebih baik. Tapi perlu juga dipertimbangkan efektivitas pembahasan dan minat baca penghujung.

- Paragraf

Penyusunan paragraf menentukan juga kenyamanan pembaca. Paragraf yang panjang dengan kalimat majemuk akan membuat pembaca cepat lelah dan enggan melanjutkan membaca hingga akhir artikel.

Paragraf cukup terdiri dari 2-3 kalimat pendek atau cukup satu kalimat majemuk yang panjang. Gunakan kalimat aktif.

- Deskripsi

Deskripsi atau meta description yang dimaksud adalah penjelasan singkat isi artikel yang biasanya muncul di bawah judul pada tampilan hasil pencarian.

Meta Deskripsi ini harus mengandung kata kunci yang digunakan. Sehingga akan membantu optimalisasi SEO.

SEO on page untuk bisnis

- Gambar

Selain artikel dengan isi yang berkualitas, elemen lain dalam artikel juga sangat mendukung optimalisasi SEO on page. Mommies bisa menambahkan gambar, infografis atau video. Ketiganya akan meningkatkan performa website sehingga mesin pencari lebih mudah menemukannya.

Keterangan-keterangan pada gambar, seperti title dan Alt. text juga perlu diisi dan mengandunh kata kunci, sehingga mendukung optimasi. Penambahan video dari YouTube juga dinilai lebih oleh mesin pencari. Relevansi kata kunci dan channel YouTube yang selaras akan semakin meningkat performa website.

- Permalink

Permalink adalah URL atau link artikel. Mommies harus ingat untuk mengatur permalink agar mudah dikenali oleh mesin pencari.

Permalink biasanya diambil dari judul dengan maksimal 75 karakter. Maka pastikan ada kata kunci masuk ke sana dengan lengkap.

Peletakkan kata kunci di bagian awal judul jauh lebih aman untuk pemakaian permalink.

- Link dalam Artikel

Adanya link dalam sebuah artikel sangat bisa meningkatkan performa dan penilaian halaman website. Link di sini bisa internal link dan back link.

Internal link adalah link yang mengarahkan kepada artikel lain dalam website yang sama. Sedangkan backlink adalah link yang mengarahkan ke website lain.

Sebelum memasukkan link dari website lain, kita harus pastikan bahwa website ituasih aktif dan memiliki reputasi yang baik. Agar bisa mendukung performa website kita.

Setelah kita membicarakan tentang apa itu SEO on Page, lalu apa manfaat SEO bagi bisnis online?

Lanjut, yuuk …

Manfaat SEO on Page untuk Momprenuer


Teknik SEO on page akan memberikan banyak manfaat bagi optimaslisasi website bisnis momprenuer. Apa sajakah itu?

1. Mendatangkan Traffic Pengunjung 

Optimasi SEO on Page memungkinkan tampilnya website Mommies di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu akan semakin tinggi kemungkinannya para pengguna untuk menggunjungi website, Mommies. Karena pemgguna akan cenderung malas untuk melihat halaman berikutnya dari hasil pencarian jika rekomendasi di halaman pertama sudah menjawab semua kebutuhan pengguna.

2. Mendapatkan Pengunjung yang Relevan

Dengan penggunaan kata kunci yang pas dan spesifik, Mommies bisa mendapatkan pengunjung yang relevan, sesuai dan pas dengan konten yang dibuat. Pengunjung atau pembaca akan merasa nyambung dan cocok dengan isi konten. Sehingga pengunjung betah berlama-lama di website kita dan bisa menemukan apa yang dibutuhkan.

Manfaat SEO on page untuk bisnis momprenuer

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Website

Tampilnya website bisnis kita di halaman terdepan menunjukkan kredibilitas kita sebagai momprenuer. Jika ada di halaman pertama otomatis para pengguna akan lebih percaya. Bisa jadi karena telah dibuka oleh banyak orang atau memang website kita dianggap menguasai konten yang berkualitas.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin banyak pengunjung di website kita, orang akan semakin tahu dan kenal dengan brand produk/jasa yang kita tawarkan. Dari sana akan terbangun brand awareness dan pengunjung akan datang kembali ke website kita saat membutuhkan brand kita.

5. Promosi murah dan berkelanjutan

Menggunakan SEO on page berarti melakukan promosi berkelanjutan dengan biaya murah. Berbeda dengan memasang iklan yang membutuhkan tambahan biaya dan ada batas waktunya.

Selama artikel kita masih ada, maka mesin pencari akan terus merekomendasikan website kita saat penggunaan memasukkan kata kunci yang kita pakai. Dan akan terus mendatangkan pengunjung ke website setiap harinya.

6. Meningkatkan Penjualan

Jika pengunjung yang datang ke website bisnis kita adalah pengunjung yang sesuai relevan dengan kata kunci berarti mereka adalah target market kita. Dan ketika pengunjung merasa relate dengan apa yang kita sampaikan, menentukan solusi atas kebutuhan mereka maka akan kemungkinan terjadi closing dan penjualan semakin besar.

7. Meningkatkan Daya Saing Website

Keberadaan website bisnis kita di halaman awal karena optimasi SEO on page yang bagus akan menunjukkan kualitas website bisnis kita juga. Hal ini akan meningkatkan daya saing kita dengan kompetitor. Kita bisa bersaing dengan berbagai kompetitor, yang besar sekalipun.


Do and Don't


Happymoms setelah kita membahas panjang lebar tentang manfaat SEO untuk bisnis momprenuer, tentunya Mommies makin yakin untuk segera mengaplikasikan teknik SEO on page ini kan?

Eeeit, tapi tunggu dulu, ada beberapa catatan yang perlu Mommies ingat saat memakainya dalam artikel.

Tips SEO on page untuk bisnis momprenuer

Do : Jangan lupakan ini

  • Konten memberikan solusi

Sebagus apapun teknik SEO on page yang kita pakai, tapi jika konten yang kita buat tidak memberikan solusi atas kebutuhan pengunjung, ya akan percuma saja. Maka pastikan apa yang Mommies tulis dalam website mampu memberikan pencerahan dan alternatif solusi atas permasalahan yang kita angkat.

  • Ragam Konten

Jangan lupa pula untuk membuat aneka ragam konten dalam website bisnis momprenuer. Tidak harus melulu artikel tentang produk tapi juga konten lain seperti testimonial, behid the scene produksi atau packing, dsb. Jangan lupa sertakan juga bisa video, gambar atau info grafis yang mendukung.

  • Artikel Edukasi

Mommies harus melakukan juga yang namanya edukasi kepada pengunjung website. Tips, triks atau life hack yang relevan dengan produk/jasa yang ditawarkan.


Don't : Jangan lakukan ini!

  • Click Bait

Menggunakan judul yang click bait tapi tidak selaras dengan isi konten adalah BIG No. Hal ini justru akan kontraproduktif dengan langkah SEO yang kita terapkan. Karena membuat kecewa pengunjung dan membuat kapok untuk kembali datang.

  • Mengulang-ulang kata kunci

Kata kunci memang harus ditempatkan di beberapa bagian artikel tapi bukan berarti harus terus mengulang-ulang kata kunci yang sama di sepanjang tulisan. Pembaca akan merasa jenuh dan memilih untuk meninggalkan website kita.


Happymoms, penggunaan teknik SEO on page ini memang bukan langkah instan. Tapi harus dilakukan dengan telaten dan konsisten. Butuh proses untuk mesin pencari mengenali website bisnis kita dan merekomendasikannya di halaman pertama.

Jangan patah semangat ya, Moms. Mari kita buktikan banyaknya manfaat SEO on page untuk bisnis momprenuer. Yuk!


Salam semangat dan bahagia 💕


4 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Wah artikelnya paket lengkap mbak. Sudah ada tips dengan DO & DONT'S juga. Makasih pula untuk semangatnya di awal artikel. Semangat juga yaa mbak

    ReplyDelete