Ganti Judul dan ALt sendiri

7 Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching. Blogger Pemula Wajib Ikut!


Hallo, Happymoms!

Semoga Mommies semua dalam kebahagiaan, ya. Seperti saya, hari ini juga merasa bahagia karena kelas Blogspedia Coaching yang saya ikuti sudah sampai di tugas terakhir. Masya Allah, Alhamdulillah. Ini adalah kelas online terlama yang pernah saya ikuti. Bukan hanya terlama, tapi juga terkomplit teorinya, terlengkap praktiknya dan terseru prosesnya. Memang Coach Marita Ningtyas terniat banget bikin kelas blogging ini. Gratis pula. Apa boleh kelas gratisan sekeren itu? Makanya simak ulasan saya kali ini tentang manfaat ikut kelas Blogspedia Coaching, ya. Juga cerita seru selama kelas berlangsung. Yuuuk!

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching

Blogspedia, Rumahnya Para Blogger Cupu

Blogspedia berawal dari sebuah blog yang dibuat oleh Coach Marita Ningtyas, seorang momblogger yang senang belajar banyak tentang blogging. Berdasar pengalaman pribadinya yang belajar blogging dari nol, sekaligus menjawab berbagai pertanyaan tentang cara ngeblog, Coach Marita ingin memberikan panduan dan tips bagi para blogger pemula. Panduan ini di tulis dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami dan tips yang solutif dan aplikatif.

Blogspedia memang ditujukan untuk para blogger pemula atau orang-orang yang ingin memulai membuat blog. Coach Marita menyebutnya sebagai cupuers. Blogspedia bisa banget membantu para blogger cupu menjadi blogger bermutu. Yakin, deh. Ini beneran asli bukan sekedar janji-janji, heee....

Blogspedia, Bukan Sekedar Blog Tutorial

Sepertinya berbagi lewat blog saja tidak cukup bagi Coach Marita. Beliau ingin apa yang dibagi lebih berdampak lagi. Maka Blogspedia menyediakan berbagai macam jasa layanan untuk membantu para blogger. Di antaranya adalah,

1. Blogspedia Coaching

Blogspedia Coaching sebuah kelas belajar online tentang cara menjadi blogger pemula. Jadi, kelas ini dibuka khusus untuk para pemula, ya alias cupuers. Kelas belajar ngeblog ini dibuka gratis tapi dengan seleksi ketat dan tuntutan komitmen. Meskipun ini kelas belajar ngeblog gratis tapi materi yang disampaikan bukan kaleng-kaleng.

Mengupas tuntas tentang semua hal terkait blogging, yang harus diketahui oleh seorang blogger pemula. Para peserta juga dituntun secara langsung, step by step, praktik membuat blog, membuat konten blog dan mengupgrade blognya menjadi lebih profesional.

Blogspedia Coaching sudah berjalan hingga angkatan ke-4. Dan terbukti para alumni kelas ngeblog Blogspedia tetap eksis di dunia per-blogging-an selepas kelas coaching selesai. Malah banyak pula yang sudah menjadi para blogger yang berkualitas.

2. Jasa pemasangan template dan TLD untuk blog personal

Jasa pemasangan template dan top level domain merupakan jasa Blogspedia yang diberikan kepada para blogger pemula yang masih belum puas atau mengalami kesulitan dalam mengatur template/tampilan blognya.

Karena pemasangan dan utak-atik template memang harus paham kode-kode ajaib yang tidak semua orang paham dan telaten melakukannya. Jadi daripada bingung tujuh keliling, stress tujuh hari tujuh malam, mending serahkan saja kepada ahlinya.

Biaya pemasangan template mulai di harga Rp. 100.000,-. Bisa request ganti warna, font, dan sebagainya. Pokoknya disampaikan saja blog impian Mommies seperti apa, maka dengan kekuatan cinta tim Blogspedia akan mewujudkannya. Masih ada bonus, free header juga. Untuk pemasangan TLD (Top Level Domain) akan ada biaya tambahan khusus, ya.

3. Jasa Penulisan Artikel

Yang ini adalah jasa Blogspedia untuk para blogger yang tidak cukup waktu atau belum PeDe dengan kemampuan menulisnya untuk membuat blogpost berkualitas secara konsisten.

Blogspedia memberikan garansi penulis yang berpengalaman di bidang content writing, karya yang orisinal, dikerjakan sesuai dengan permintaan klien (Niche dan keywords) dan disiplin dengan waktu yang disepakati.

Tersedia dua paket jasa penulisan artikel, yaitu:

Paket FREE ORDER

Paket menulis 10 artikel dengan rate harga mulai Rp.15.000,-/ 300 kata dalam bahasa Indonesia atau

Rp.18.000,-/ 300 kata, dalam bahasa Inggris. Harga di atas belum termasuk biaya posting, 3000/posting. Pembayaran dilakukan setelah artikel di selesai dikerjakan dan disetujui oleh klien.

PAKET HEMAT

Rate paket ini dimulai dari harga Rp 1.500.000,- untuk 5 artikel per hari, sepanjang 300 kata. Biaya akan naik Rp. 500.000,- untuk setiap kenaikan jumlah kata per 100 kata. Jika ditulis dalam bahasa Bahasa Inggris maka biaya dimulai dari Rp. 1.800.000,-.

Paket hemat ini harus diambil minimal 3 bulan dengan jumlah artikel 100 artikel/bulan. Biaya sudah termasuk biaya posting. Dan pembayaran setiap awal bulan.

4. Jasa Pembuatan Toko Online

Blogspedia juga menyediakan pembuatan toko online untuk para momprenuer. Cukup dengan biaya mulai Rp.750.000,- Mommies sudah bisa mempunyai toko online rasa marketplace. Dengan platform blogspot yang SEO friendly sehingga memudahkan pencarian di Google dan pastinya juga friendly user.

Website sudah dilengkapi dengan katalog produk, tombol order via whatsapp, instalasi template, request warna, upload produk maksimal 25, lifetime maintenance dan 5 artikel SEO free.

Info lengkap tentang semua jasa Blogspedia di atas, bisa Mommies akses dengan menggunjungi website Blogspedia.

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching

Serunya Belajar Ngeblog Di Blogspedia

Berawal dari ajakan teman

Blogspedia Coaching sudah saya dengar ceritanya sejak berjalannya angkatan kedua. Ada seorang teman yang ikut di angkatan tersebut. Sedikit banyak mendengar ceritanya justru membuat saya minder, merasa tidak akan sanggup mengikutinya hingga akhir. Setiap pembukaan kelas blog coaching baru, dia selalu menawari saya, tapi rasanya masih sama. Belum berani.

Barulah di angkatan ke-4 ini saya membulatkan tekad untuk ikut. Memutuskan ikut setelah motivasi panjang yang disampaikan teman, dan keinginan saya untuk mulai fokus menggarap blog. Ingin belajar menjadi mom blogger. Bismillah, ikut daftar setelah mengantongi ijin suami. Deg-degan menunggu hari pengumuman lolos seleksi peserta. Karena untuk bisa ikut kelas belajar ngeblog gratis ini harus lolos fit n proper test, hehe...

Ternyata keputusan ikut Blogspedia Coaching #4 ini adalah keputusan yang tepat. Terima kasih Bu Mya Wuryandari

Tiga bulan full ilmu dan praktik

Kelas ngeblog Blogspedia dimulai pada bulan Juli 2023 hingga Oktober 2023. Selama tiga bulan penuh saya dan 29 peserta lainnya mendapatkan banyak teori, tips, praktik dan tugas membuat konten.

Materi disampaikan sepekan dua kali setiap hari Senin dan Kamis. Lalu dua hari adalah deadline pengerjaan tugasnya. Materi tentang blog dan blogging, sama sekali baru untuk saya. Saya memang nol besar tentang seluk-beluk blogging. Tahunya hanya nulis dan posting saja. Nyatanya ada banyak hal lain yang harus saya pelajari lagi.

Materi baru lain yang membuat saya harus banyak belajar adalah tentang SEO on page. Kebetulan sebelumnya saya pernah mengikuti kelas lain tentang tema ini. Tapi saya baru benar-benar paham setelah praktik langsung di tugas Blogspedia Coaching ini.

Untuk tugas membuat blogpost sebenarnya tidak terlalu sulit, mengingat saya sudah mempunyai dasar menulis artikel. Hanya saja bedanya menulis untuk artikel blog harus mempertimbangkan keyword agar untuk memenuhi SEO on page. Dan ini yang sempat membuat pusing kepala, hahaha.... Karena ternyata ada kriteria khusus untuk memilih keyword.

WhatsApp grup kelas pernah sangat ribut. Pertanyaan bertubi-tubi disampaikan kepada pada Coach. Hampir semua peserta mengalami kendala yang sama. Semua pusing, gak mudheng, deg-degan, wes pokoknya heboh. Kalau tidak salah terjadi pada saat materi tentang keyword karena kami harus menginstal beberapa aplikasi tambahan. Kemudian pada saya pemasangan TLD, dan puncaknya adalah saat pemasangan template dari pihak ketiga.

Namun, Coach Marita dan tim Blogspedia Coaching memang luar biasa. Dengan sabar menjawab setiap pertanyaan kami, menjelaskan dengan detail dan memberikan tutorial plus menenangkan kegalauan kami. Sesama peserta juga saling support dan bantu. Belum pernah saya ikut pelatihan atau kelas online "hidup" ini diskusinya dan se nano-nano ini rasanya.

Bagi saya, Blogspedia Coaching tidak hanya membagikan teori tentang blogging, tapi menggembleng peserta secara langsung bagaimana cara menjadi blogger pemula yang tahan banting. Peserta dituntut untuk disiplin membuat tugas. Jujur di bulan terakhir, saya sudah mulai merasakan kelelahan. Karena qodarullah pas banget aktivitas offline saya juga sedang full, ditambah masih ada anak bayi. Walhasil saya menjadi salah satu pejuang deadline, alias peserta yang menyetorkan tugasnya di detik-detik terakhir.

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching

Ya kalau capek, kenapa nggak berhenti saja?

Oh, tentu tidak. Tentu saja saya tidak mau kehilangan kesempatan belajar di kelas ngeblog keren seperti ini. Maka dengan sekuat tenaga terus berusaha bertahan hingga akhir. Terlebih challenge ODOP (one day one post) ini, sungguh sebuah tempaan untuk komitmen ngeblog kita.

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching


Seperti sudah saya sampaikan di awal bahwa saya beruntung dan bahagia bisa belajar di kelas ngeblog gratis Blogspedia Coaching batch 4. Ada banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, di antaranya berikut ini :

1. Paham dasar-dasar ilmu blogging

Di awal kelas Coach Marita sudah menjelaskan tentang mekanisme berjalannya kelas dan gambaran materi yang akan di sampaikan. Masya Allah ada kurang lebih dari 25 materi yang disampaikan. Mulai dari dasar-dasar blogging, yaitu :

Tujuan Nge-blog

Coach Marita menekankan pentingnya menentukan tujuan awal kita memulai blogging. Untuk apa? Apa motivasi besar kita?

Saya pribadi meniatkan blogging ini sebagai salah satu sarana untuk berbagi kepada orang lain tentang pemikiran, ide, pengalaman, ilmu yang saya miliki. Juga sebagai portofolio karya-karya tulisan saya. Namun, saya juga tidak mengelak jika disebut ingin mencari cuan dari Nge-blog.

Menentukan Niche dan Identitas Blog

Menentukan Nich menjadi langkah awal sebelum pembuatan blog. Niche ini akan membantu mom blogger untuk membuat konten blog. Niche juga erat kaitannya dengan identitas. Semakin unik atau spesifik niche yang dipilih maka pembaca akan lebih mudah mengingat dan mengenali blog kita.

Menentukan persona pembaca

Persona pembaca adalah gambaran calon pembaca blog kita. Dengan membayangkan persona pembaca, blogger bisa dengan mudah menentukan tema bahasan, gaya bahasa dan topik konten lainnya.

Membangun Personal Branding

Sebagai seorang blogger pemula, kami perlu membangun personal branding. Hal ini agar memudahkan orang lain untuk mengingat diri kita dan menyebarluaskan content kami.

2. Bisa utak-atik template sendiri (pasang TLD)

Salah satu hal baru yang harus saya hadapi adalah materi tentang mengatur ulang template dan memasang TLD. Mengutak-atik template itu berarti harus berputar dengan kode html yang njelimet. Jika tidak ada tutorial yang jelas, tentu saja saya saya akan memiliki tidak melakukannya. Tapi di Blogspedia Coaching semua peserta harus mencoba sendiri, sampai bisa. Masya Allah.

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching

3. Paham tentang artikel SEO friendly

Untuk sebuah artikel yang akan ditayangkan di blog, harus memenuhi kaidah SEO on page. Ini materi baru bagi saya dan baru paham setelah praktik langsung dalam pembuatan artikel. coach Marita mengatakan jika kita terbiasa memakai kaidah SEO on page lama-kelamaan tidak akan terasa sulit dan ribet lagi karena kita sudah otomatis memakai atau menerapkan kaidah tersebut.

4. Praktik menulis berbagai jenis konten

Content is the King. Inilah yang disampaikan Coach Marita kepada para peserta. Bahwa konten yang berkualitas itu sangat penting. Sub materi dan tugas pada materi ini sangat banyak. Maka kami diberikan banyak materi tentang aneka jenis konten dan praktik membuat artikel sesuai tema. 

5. Menjajal Blog Competition

Jujur, ini di luar ekspektasi saya sebagai peserta kelas belajar ngeblog. Sebatas tugas posting itu sudah wajar. Tapi menulis artikel ulasan produk untuk lomba. Maka ini menjadi pengalaman pertama saya mengikuti blog competition.  Sebelum tugas dikerjakan, Coach Blogspedia memberikan materi tentang tips bagaimana membuat artikel lomba yang layak untuk menang.

6. Konsisten nulis

Untuk memenuhi tugas di kelas ngeblog para blogger pemula ini, peserta dididik dan dibiasakan untuk posting artikel setiap pekan sebanyak 2 kali posting. Selama tiga bulan ini telah terbentuk satu kebiasaan baru untuk membuat konten. 

7. Dapat teman curhat baru

Hal manis yang saya dapatkan dari kelas Blogspedia Coaching #4 ini adalah saya bertemu dengan banyak teman-teman baru dan beberapa menjadi lebih dekat sehingga menjadi tempat curhat. Kami saling menyemangati dan memotivasi untuk bisa menyelesaikan tugas sesuai ketentuan dan tepat waktu. 

Para Blogger Pemula, Wajib Ikut Blogspedia Coaching Batch Berikutnya

Ibarat paket, kelas Blogspedia Coaching merupakan paket komplit. Para peserta yang di awal seorang blogger cupu setelah mengikuti kelas hingga selesai, maka dia menjadi seorang blogger yang bermutu. 

Berkaca pada apa yang saya dapatkan dan rasakan selama tiga bulan ini maka saya merekomendasikan para blogger pemula untuk mengikuti kelas Blogspedia Coaching.  Saya telah merasakan manfaat ikut kelas Blogspedia Coaching, maka giliran Mommies untuk menjajalnya juga. 

Manfaat Ikut Kelas Blogspedia Coaching

Yuk, bersiap untuk mendaftar di Blogspedia Coaching batch 5. Ikuti media sosial Blogspedia untuk mendapatkan update info terbaru. 

Semangat terus belajar 💕

1 comment

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Halo teman curhatku tengah malam, Miss Cinderella 😍...ternyata kita berjodoh di batch 4 ini MaasyaAllah ketemu teman sedaerah yang sama2 rempong. Beruntung banget sudah sampai titik ini ya mbak. Terima kasih selalu memotivasi, semoga berlanjut yaaa

    ReplyDelete