Ganti Judul dan ALt sendiri

Umbul Pelem Waterpark Klaten, Wisata Air yang Murah dan Memuaskan

 Hallo, Happymoms

Sudah ada rencana jalan-jalan untuk akhir pekan? 

Jalan-jalan bareng keluarga tentu saja sangat menyenangkan, ya. Apalagi jika destinasi wisatanya bisa untuk seluruh keluarga dengan harga yang terjangkau. Ingin tahu tempat wisata air yang murah dan memuaskan? Simak ulasannya berikut ini! 


Umbul Pelem Waterpark Klaten


Acara Piknik Keluarga


Akhir bulan Agustus yang lalu, saudara-saudara dari Ponorogo mengadakan acara piknik keluarga. Saya diminta untuk mencari destinasi wisata di sekitar kota Solo. Tentu saja ada banyak sekali pilihan. Namun saya mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan pilihan, di antaranya :

  1. Destinasi wisata tersebut bisa dinikmati oleh seluruh keluarga mulai dari anak-anak remaja hingga bapak-bapak dan ibu-ibu.
  2. Lokasinya mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dalam perjalanan.
  3. Tiket masuknya terjangkau.
  4. Fleksibel dalam reservasinya. 


Setelah memberikan beberapa alternatif pilihan akhirnya keluarga menyepakati untuk mengunjungi wisata air yang murah di Klaten yaitu Umbul Pelem Waterpark.


Asal Usul Umbul Pelem Waterpark


Umbul pelem Waterpark merupakan salah satu wisata air di Klaten. Nama Umbul Pelem diambil dari sebutan untuk mata air alami (umbul) yang berada di dekat pohon pelem atau pohon mangga. 

Mata air umbul Pelem
Sumber : IG Umbul Pelem


Pada awalnya wilayah Umbul pelem adalah tanah kas Desa kemudian diubah menjadi wanaha wisata air oleh Kepala Desa Wunut, Iwan Sulistya Setyawan. Umbul Pelem Waterpark, secara resmi dibuka pada tanggal 10 Mei 2018.


Lokasi Umbul Pelem Waterpark tepatnya berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari Solo kami menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit, dengan armada bus. 


Kedatangan di Wisata Air Umbul Pelem Waterpark


Sebelum hari H saya sudah menghubungi kontak person yang ada di Instagram Umbul Pelem Waterpark. Adminnya sangat membantu memberikan semua informasi yang saya butuhkan saat itu dengan ramah. 


Saya diminta untuk melakukan konfirmasi 3 hari sebelum hari kedatangan untuk memastikan berapa jumlah peserta dan melakukan reservasi. Admin juga menyampaikan bahwa mereka sudah menyediakan pemandu untuk kami setelah tiba di lokasi. 


Dan benar saja, pada hari keberangkatan petugas pemandu sudah menghubungi saya via WhatsApp untuk memastikan jam kedatangan kami. Bapak petugasnya memberikan informasi tentang lokasi parkir armada bus dan di mana beliau menunggu kami. 


Sesampainya di lokasi saya menghubungi beliau dan kami sudah ditunggu di depan pintu masuk. Bapak petugas kemudian mengarahkan kami untuk masuk dan membayar tiket. 


Meski pada saat itu hari sudah mulai beranjak siang tetapi masih banyak sekali para pengunjung yang berdatangan baik yang menggunakan sepeda motor maupun rombongan dengan mobil. Rata-rata pengunjung adalah keluarga bersama dengan anak-anak. Tempat parkir motor sangat penuh, demikian juga parkiran mobil. Kebetulan hari itu memang hari Minggu. 


Wisata air Umbul Pelem Waterpark Klaten
Sumber : IG Umbul Pelem 


Tiket Masuk Umbul Pelem Waterpark 


Umbul Pelem Waterpark termasuk salah satu wisata air yang murah di Klaten. Karena untuk masuk ke wahana Waterpark ini, para pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp. 8.000 saja per orang pada hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu,Minggu serta hari libur nasional harga tiketnya Rp. 10.000 per orang. 


Rombongan kami berjumlah 22 orang terdiri dari orang tua remaja dan anak-anak. Namun pada saat itu kami hanya membayar untuk 20 tiket saja. Kami mendapatkan potongan, free 2 tiket. Anak-anak di bawah usia 2 tahun juga tidak dihitung tiket masuknya. 

Sedangkan untuk parkir armada bus, kami harus membayar 20.000 rupiah. 


Apa saja wahana di Umbul Pelem Waterpark? 


Setelah menyelesaikan pembayaran tiket kami segera diantarkan oleh petugas pemandu menuju ke pelem resto. Di sana kami sudah disiapkan tempat, di salah satu saungnya. Sudah disediakan tikar dan meja serta menu yang bisa dipesan di palem resto. 

Pelem Resto Umbul Pelem Waterpark


Para bapak dan ibu memilih untuk duduk lesehan sambil memesan minuman dan aneka cemilan sementara para bapak dan ibu muda dan anak-anak bergegas berganti baju dan segera masuk ke kolam renang. Siapa yang tahan godaan segarnya wisata air di Klaten ini. Airnya yang berasal dari sumber mata air alami dijamin bening, segar dan aman karena tanpa kaporit. Ditambah dengan lantai kolam yang dominan biru, semakin menambah kesan segarnya air kolam. 


Begitu memasuki area kolam,Umbul pelem mata kami langsung disambut dengan kolam renang berbagai ukuran. Di bagian lokasi yang lebih tinggi terdapat kolam untuk dewasa. Kedalam kolam ini sekitar 1,5 - 2 meter. Kolamnya sangat luas sehingga pak suami bisa berenang dengan puas. 


Di bagian bawah terdapat kolam untuk anak dengan kedalaman kurang dari 1 meter. Kolam untuk anak ini bagian lantainya dibuat berwarna-warni sehingga menambah semarak suasana. Anak-anak dengan sangat antusias berenang ke sana ke mari. 


Selain kolam renang untuk anak-anak juga bisa menikmati wahana mandi salju. Di salah satu kolam dangkal, ada satu petugas yang menyemprotkan busa sabun ke arah para pengunjung. Ternyata tidak hanya anak-anak yang menikmatinya dengan ceria, para orang dewasa pun tak kalah bahagia. 


Mandi salju di Umbul Pelem Waterpark
sumber : IG Umbul Pelem Waterpark 


Di bagian samping kolam renang, terdapat kolam khusus berisi ikan-ikan kecil. Spot ini paling banyak diminati oleh orang tua terutama ibu-ibu. Kolam ini adalah kolam terapi ikan. Jika ingin merasakan sensasi digigitin ikan kecil, pengunjung bisa merasakan sepuasnya, gratis. 


Di bagian ujung lokasi wisata air ini terdapat wahana waterboom. Ada dua seluncuran, untuk anak dan dewasa. Disediakan ban untuk berseluncur. Pengunjung bisa menyewanya dengan harga Rp. 20.000. Selain bisa menyewa ban, pengunjung juga bisa menyewa rompi pelampung. 


Selain seluncuran juga ada ember tumpah. Semua wahana ini saling melengkapi sehingga seluruh keluarga merasa puas bermain di wisata air yang murah ini. 


Dan ada satu lagi wahana yang jarang sekali ada di area wisata air di Klaten. Yaitu flying fox. Meluncur sambil bergelantungan di atas kolam, tentu akan menjadi sensasi tersendiri, ya. Sayangnya di antara keluarga kami kemarin tidak ada yang mencobanya. Untuk bisa naik wahana ini, pengunjung harus menambah biaya 25.000/orang. 


Fasilitas di Umbul Pelem Waterpark 


Di beberapa spot, di antara kolam renang yang satu dengan yang lainnya, terdapat tempat beratap yang disediakan untuk pengunjung duduk dan meletakkan barang bawaannya. Mereka yang tidak melakukan reservasi biasanya memilih untuk duduk-duduk di sini. 


Terdapat banyak kamar mandi dan tempat bilas di pagiang pinggir lokasi Umbul pelem Waterpark. Kami dan para pengunjung lainnya tidak perlu antri lama untuk membasuh badan dan berganti pakaian. 


Umbul Pelem Waterpark juga menyediakan pengawas kolam yang stand by di area kolam renang dan waterboom. Mereka berjaga-jaga jika ada yang membutuhkan bantuan atau semisal ada kecelakaan yang terjadi. 

Juga ada bagian informasi yang dapat membantu para pengunjung jika mencari anggota keluarganya. Kalau kami kemarin memanfaatkan fasilitas ini untuk memanggil kru bus yang tidak kami ketahui menunggu di mana. Hee .... 


Pelem Resto merupakan fasilitas terbaru yang ada di Umbul pelem Waterpark. Pelem Resto berkonsep terbuka dengan saung dan duduk lesehan. Resto ini terletak di bagian paling ujung belakang dan berdampingan dengan sungai serta persawahan. Suasana asri dan alami dengan sepoi-sepoi angin, sangat nyaman untuk para pengunjung bisa menikmati sajian menu yang ada di Pelem Resto.

Menu makan di Pelem Resto


Kami kemarin hanya memesan aneka minuman dan makanan ringan saja. Menu yang disediakan cukup beragam dengan harga yang masih sangat terjangkau. 


Di area wisata air pelem Waterpark juga terdapat toko merchandise dan oleh-oleh. Jika ada pengunjung yang lupa membawa baju ganti bisa mendapatkan solusinya di toko ini. Seperti salah satu keponakan saya kemarin. Heee ….


Hari dan Jam Buka 


Umbul Pelem Waterpark buka setiap hari dari pukul 5 pagi hingga 4 sore. Dan bisa dipastikan pada akhir pekan dan hari libur, di pagi hari, sudah bisa dipastikan pengunjung akan sangat banyak


Jika ingin datang bersama dengan rombongan keluarga, saya sarankan untuk melakukan reservasi lebih dahulu. Agar memudahkan kita untuk mendapatkan tempat transit atau istirahat. Jika kita melakukan reservasi maka petugas dari Umbul Pelem Waterpark sudah akan menyediakan tempat khusus untuk kita. 


Yang berkesan di Umbul Pelem Waterpark 


Mengunjungi Umbul pelem Waterpark, salah satu wisata air di kota Klaten, sangat memuaskan. Ada banyak pilihan wahana yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Selain itu harganya juga murah dan masih sangat terjangkau. 


Dan yang lebih membuat terkesan adalah bagaimana pelayanan yang diberikan oleh para pengelola di Umbul Pelem Waterpark. Pada petugasnya cukup ramah dan sangat membantu para pengunjung. 


Biasanya ketika mengunjungi wisata air kolam renang seperti ini ada larangan untuk membawa makanan dari luar sehingga pengunjung harus memesan makanan dari resto yang sudah disediakan. Tapi tidak dengan Umbul Pelem. 


Ketika Kemarin saya melakukan reservasi admin nya menawarkan kepada saya apakah akan memesan makan siang sekalian atau tidak. Kebetulan karena jam kunjungan kami belum masuk jam makan siang, kami tidak memesan makanan di Pelem Resto. Kami juga diperbolehkan untuk membawa aneka makanan cemilan minuman dari luar dan tidak mengharuskan untuk memesan makanan di resto mereka. 


Nah, Happymoms apakah keluarga Mommies juga termasuk keluarga yang suka berenang. Jika, iya, jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata air yang murah dan memuaskan, ini. Silakan mampir di Umbul Pelem Waterpark Klaten.




2 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Sebanyak itu umbul kok aku belum pernah ke salah satunya ya, padahal deket banget kalo pas mudik jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk, mbak ... sempatkan mampir. murah meriah dijamin seru

      Delete