Ganti Judul dan ALt sendiri

5 Menu Buka Puasa Favorit Keluarga, Praktis dan Mudah untuk Disiapkan!

Menu buka puasa favorit keluarga


Hai, Happymoms!

Ramadan sudah di depan mata. Alhamdulillah. Semoga Ramadan kali ini lebih baik dari tahun kemarin ya, Moms. Agar optimal pastinya kita harus persiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik pula. Salah satu yang harus kita siasati adalah urusan perdapuran. Karena tidak bisa dipungkiri, saat Ramadan kita justru lebih sibuk karena harus menyiapkan berbagai menu berbuka puasa. Setiap keluarga pasti punya menu kesukaan, ya. Berikut ini menu buka puasa favorit keluarga saya. Praktis dan mudah dibuat. Simak, yuk!

Menyegerakan Berbuka

Saat berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu, terutama untuk anak-anak. Sebenarnya kita juga ya, Moms. Hee… Karena memang merupakan salah satu dari dua kebahagiaan yang dijanjikan Allah untuk orang yang berpuasa.

Maka Rasulullah mencontohkan untuk kita menyegerakan berbuka puasa.

“Manusia akan selalu baik selama mereka cepat berbuka.” (HR. Muttafaq alaih).

Oleh karena itu, menu takjil sudah pasti harus sudah siap sebelum adzan Maghrib berkumandang. Itu kenapa Mommies perlu memilih sajian buka puasa yang praktis dalam pembuatan dan penyajian. Biar waktu kita juga tidak habis di dapur saja ya, Moms.

Berbuka dengan yang Menyegarkan

Apakah Mommies juga terbiasa menyiapkan makanan dan minuman manis untuk berbuka puasa? Tooos, aah!

Apakah itu bagian dari sunah berbuka puasa? Ternyata tidak ya, Moms. Dalam hadits hanya disebutkan bahwa Rasulullah SAW biasanya berbuka dengan kurma dan air putih.

“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Jadi tidak harus selalu dengan yang manis-manis. Hati-hati kita terperangkap dengan tagline iklan sebuah minuman, berbukalah dengan yang manis. Hayo, bacanya pasti sambil bersenandung, hehe.

Namun memang secara kesehatan berbuka dengan yang manis lebih dianjurkan agar bisa segera mengembalikan kesegaran tubuh kita. Karena saat seharian berpuasa kadar gula dalam darah kita menurun drastis.

Berdasarkan doa berbuka puasa yang disunahkan untuk dibaca, yang harus kita lakukan saat berbuka puasa adalah minum minuman yang menyegarkan. Tidak harus manis. Rasulullah SAW meminum air putih jika tidak menemukan kurma untuk berbuka.

“Dzahabadz dzama'u wabtalatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah” 
Artinya : Rasa dahaga telah hilang, urat kerongkongan telah basah, dan pahala ditetapkan, insya Allah. (HR Abu Dawud).

 

Menu berbuka puasa favorit keluarga

Menu Buka Puasa Favorit Keluarga

Setelah melewati beberapa kali puasa Ramadan bersama anak-anak, akhirnya saya menemukan beberapa menu yang “nggak ada matinya” selama sebulan penuh. Menu berbuka puasa ini selalu diserbu jika saya sajikan dan akan dicari jika absen dari meja makan. Apa sajakah itu?

Berikut ini lima menu favorit keluarga di rumah untuk berbuka puasa.

Kurma

Kurma adalah menu wajib yang harus ada saat berbuka puasa. Sebagaimana yang Rasulullah SAW contohkan untuk sunah berbuka puasa. Kami biasakan anak-anak juga berbuka dengan kurma dalam jumlah ganjil. Alhamdulillah anak-anak sedari kecil semua suka kurma.

Kandungan gula alami dalam kurma membantu proses peningkatan kembali gula dalam darah. Sehingga bahan bisa segera kembali terasa segar.

Teh Hangat

Menu berbuka puasa favorit keluarga

Teh hangat merupakan minuman wajib setiap hari, di luar bulan puasa. Jadi meminumnya tidak hanya memberikan efek segar pada tubuh tapi juga sudah ada psikologisnya. Hehe.

Aliran teh hangat yang mengalir dalam tenggorokan hingga ke lambung, membangkitkan mood dan semangat juga.

Jika ingin sedikit berbeda cita rasa, saya biasanya membuat teh hangat rempah. Yaitu dengan menambahkan kayu manis dan cengkeh saat merebus air, yang dipakai untuk menyeduh teh. Jadilah teh hangat yang tidak hanya menyegarkan tapi juga menghangatkan badan.

Es Sirup dengan nata de coco

Minuman ini adalah primadona anak-anak sepanjang Ramadan. Meskipun sudah mendapatkan aneka makanan dan minuman takjil dari masjid, sampai di rumah masih menanyakan mana es sirupnya.

Menu berbuka puasa favorit keluarga

Cara menyiapkannya sangat mudah. Sediakan :
  • Sirup rasa melon
  • Nata de coco
  • Air putih
  • Es batu
Cara menyiapkannya : 
campurkan semua bahan dalam gelas. Aduk merata dan sirup hijau nan segar siap dinikmati.

Sangat praktis dan mudah disiapkan. Sehingga anak-anak bisa membuatnya sendiri jika saya tidak menyediakannya saat berbuka. Pastikan saja ada stock sirup, air dingin dan nata de coco di kulkas.

Tahu isi

Tahu isi terpilih menjadi cemilan pendamping minuman menyegarkan di atas. Semua anak suka. Kalau jenis cemilan lain ada yang suka, ada yang tidak. Tapi kalau si tahu isi ini, kakak adik semua kompak.

Tahu bakso adalah tahu goreng yang diisi dengan adonan bakso. Lalu dikukus. Bisa dinikmati secara langsung dengan tambahan cabe “diceplus” atau bisa dimasak kembali.

Menu berbuka puasa favorit keluarga

Cara menyiapkannya pun mudah saja. Karena saya biasa membelinya yang sudah jadi, sehingga tinggal dihangatkan saja dengan menggorengnya sebentar. Jika sedang ada persediaan telur, saya akan baluri tahu bakso sebelum menggorengnya. Anak-anak menjadi lebih antusias menyantapnya.

Ayam Tiga Saos

Menu kelima ini merupakan menu pendamping nasi. Resep olahan ayam yang sangat praktis dan mudah dibuat.

Sediakan :
  • Ayam fillet 500 gram
  • 2 sendok saos tiram, saos tomat dan kecap
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Dua ruas jari jahe cincang
  • Dua sendok Tapung maizena
  • 5 sendok air putih
  • Garam, lada dan kaldu jamur secukupnya.

Cara membuat :
  • Potong ayam dadu kecil. Marinasi ayam dengan sebagian bawang cincang, garam, lada dan tepung maizena. Diamkan kurang lebih 20-30 menit.
  • Campurkan semua saos dan air. Takaran saos bisa disesuaikan dengan selera.
  • Setelah ayam siap dari marinasi, tumis bawang putih dan jahe cincang. Lalu masukkan ayam. Aduk dan masak hingga kecoklatan.
  • Masukkan cairan saos. Aduk rata dan tutup. Masak hingga ayam matang dan saos meresap.
  • Masukkan garam, lada, kaldu dan gula. Koreksi rasa. Dan ayam Tiga saos siap disajikan.
Menu berbuka puasa favorit keluarga

Saya mendapatkan resep ini dari Instagram. Sayangnya saya lupa akun yang mengunggahnya. Resep ini sangat praktis sehingga anak sulung saya yang kelas 5 SD pun sudah bisa mempraktikannya.

Resep Praktis untuk Buka Puasa

Berpuasa bukan hanya perkara menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang membatalkan puasa. Tapi juga latihan untuk mengendalikan hawa nafsu. Salah satunya adalah keinginan untuk berbuka secara berlebihan. Semua ingin dimakan dan minum hingga kekenyangan. Akhirnya malah sakit perut, ngantuk dan nggak bisa ikut shalat tarawih berjamaah di masjid. Hadeeuh ….

Maka sebagai kepala divisi penyediaan buka puasa keluarga, Mommies harus menjadi ibu yang cermat. Harus bisa memilih menu yang disukai keluarga, sehat dan tentunya tidak berlebihan dalam menyediakannya.

Itu tadi lima menu buka puasa favorit keluarga saya. Jaminan praktis dan mudah disiapkan ya, Moms. Silakan jika ingin dipraktikkan di rumah.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 H, Happymoms!

Semoga mendapatkan Ramadan yang penuh makna dan pahala. Aamiin.


Happy fasting!
💕💕  


Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.