Ganti Judul dan ALt sendiri

Emak-emak Melek Politik, Dukung BEM UI Gelar Debat Capres

Hallo, Happymoms!
Sudah update info apa hari ini? 

Sejak semakin canggihnya teknologi dalam ponsel, kita semakin dimudahkan untuk mengakses informasi apa saja ya, Moms. Info dan berita yang sedang trending akan sangat mudah kita dapatkan. Termasuk tema politik yang sudah mulai memenuhi timeline kanal berita maupun media sosial. 

Eeh, Happymoms termasuk emak-emak yang melek politik atau yang cuek aja, nih? 
Hayo … ngaku! Sudah tahu tentang berita terbaru tentang tantangan BEM UI? 



Emak-emak melek politik Dukung BEM UI


Tantangan BEM UI Debat Capres 2024


Platform Twitter sedang diramaikan oleh trending topik tentang BEM UI, sejak Senin 21 Agustus 2023. Pasalnya sang Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, menantang ketiga capres 2024 untuk hadir di kampus Universitas Indonesia dan menyampaikan gagasan serta visi misi mereka. Hal ini merupakan respon Melki terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang merevisi materi Pasal 280 ayat (1) huruf h UU Pemilu. Yang menyebutkan bahwa fasilitas pendidikan bisa dijadikan tempat kampanye selama diijinkan oleh penanggung jawab tempat/institusi.

Dilansir oleh CNNIndonesia.com, maksud tantangan Melki adalah karena para mahasiswa itu tidak ingin masa depan Indonesia dipegang oleh calon pemimpin yang hanya fokus kampanye, pencitraan, dan lip service saja tanpa punya gagasan yang cerdas.
"Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak. Silakan datang ke UI jika berani!" ujar Melki.

 Bagaimana, Moms … sepaket tidak dengan yang disampaikan adik mahasiswa ini?


BEM UI tantang kampanye di kampus
credit pict : twitter @dinar_wibowo


Dengar-dengar para capres sudah menerima tantangan tersebut, lho! Tertarik untuk mengikuti berita kelanjutannya, Moms? Ingin menyaksikan juga debatnya seperti apa?

Atau malah berfikir,
"Duh … buat apa sih ngurusin politik segala, urusan rumah, belanja dan sekolah anak-anak aja susah!"


Nah, justru karena itulah, Moms, kita harus jadi emak yang tahu tentang politik. Kenapa? Yuk, lanjut bacanya, ya.


Emak-emak Melek Politik


Yang dimaksud dengan emak-emak melek politik adalah para ibu rumah tangga yang tahu dan paham tentang perkembangan politik di Indonesia.

Jadi, tidak harus terlibat sebagai pelaku politik (menjadi politisi) atau menjadi pengurus sebuah partai, ya, Moms. Cukup kita tahu dan paham. Juga mengikuti perkembangan politik di Indonesia yang sedang berlangsung. Termasuk tentang bursa pencalonan presiden (capres) 2024. 

Bukan acuh tak acuh, tidak mau tahu dan tidak peduli sama-sekali. Hayo, adakah Happymoms yang bersikap seperti ini? Pliss, jangan ya, Moms. Sudah saatnya kita berubah menjadi emak-emak yang pinter, yang update, yang melek politik juga.

Emak melek politik


Tapi kan politik itu kotor?

Politik kotor karena orang-orang yang berada di dalamnya adalah orang-orang yang tidak baik. Maka bukankah seharusnya orang-orang baik juga masuk, mengambil peran sehingga tidak semua politik itu kotor.
Kalau orang-orang baik justru menjauh, bukankah akan selamanya politik itu tetap kotor?

Tapi kan politik itu tidak ada dalam Islam?

Yakin, tidak ada?
Politik adalah strategi dalam mengatur sesuatu. Tentu saja dalam Islam ada politik. Dalam Sirah Rasulullah SAW pun kita temukan langkah-langkah politik Beliau dalam mendakwahkan Islam dan mengatur ummat.

Bagaimana cara kita bisa melek politik? 

Banyak baca, menyimak berita dan mengikuti acara-acara yang mengulas partai, para caleg dan capres. Cari tahu track record mereka sebelumnya dan apa visi misi mereka sekarang. 

Rencana BEM UI untuk mengundang para capres ke kampus adalah kesempatan bagus untuk kita mempelajari bagaimana kualitas mereka. BEM UI mewakili kaum intelektual yang akan menguji gagasan para capres. Jadi, update terus infonya, Moms. Jangan sampai kelewatan, ya. Kita doakan benar-benar terlaksana. 

Kenapa Emak-Emak harus Melek Politik


1. Perempuan Punya Hak Yang Sama

Sebagai warga negara kita punya hak yang sama dengan laki-laki. Baik dalam hal menyampaikan pendapat, berserikat/berkelompok bahkan mempunyai suara yang sama dalam pemilihan umum.

Jadi jangan biarkan hak kita hilang begitu saja. Pastikan kita bisa menggunakan hak kita dalam bernegara dengan baik. Bukan asal pilih. Tapi menjadi pemilih yang cerdas. Sehingga yang kita pilih pun adalah pilihan yang terbaik.


2. Perempuan adalah Separuh Indonesia

Happymoms tahu, nggak … populasi kita, perempuan di Indonesia, sebanyak 49, 74% dari total penduduk Indonesia (data SUSENAS 2020, Kemenpppa.go.id). Jumlah perempuan hampir separuh penduduk Indonesia. Maka kita punya kekuatan juga untuk menentukan masa depan bangsa. The power of emak-emak, ras terkuat di muka bumi, hahaha ….

Tentu kita ingin anak-anak kita kelak hidup di sebuah negara yang damai, adil, makmur sehingga mereka bisa hidup sejahtera, kan? Nah, mari kita gunakan kesempatan dalam ajang pemilihan umum itu dengan sebaik-baiknya. Ini adalah ikhtiyar kita. Bukan hanya demi kehidupan kita saat ini tapi juga demi masa depan anak cucu kita kelak.


3. Perjuangkan Kepentingan Perempuan

Karena wanita ingin dimengerti, itu katanya Ada Band (yang auto nyanyi ketahuan deh umurnya, hehehe), tapi bagaimana kalau para wakil dan pemimpin kita tidak paham tentang perempuan. Maka kita perlu memperjuangkan kepentingan kita. Jika kita acuh, tidak peduli terhadap politik bisa jadi para wakil rakyat dan pemimpin negara juga akan abai pada kepentingan kita. Jadi pastikan pilihan kita adalah Ada Band, ya, eeh … yang mengerti perempuan.

Kenapa Emak-Emak harus melek politik


4. Setiap Kebijakan Akan Berdampak pada Emak-emak

Moms, apapun kebijakan yang berlaku di negara kita, pastinya akan berimbas pada kita juga. Betul atau benar?

Kenaikan BBM tentu akan berpengaruh pada kenaikan harga sembako, kita sudah pasti terdampak. Kebijakan di dunia pendidikan, kita juga kena, karena emak-emak lah yang setiap hari mengurusi sekolah anak-anak. Kalau perubahan kurikulum misalnya, membuat anak-anak susah sudah tentu kita lebih susah.

Kebijakan di dunia kerja, pertanian, perdagangan, kependudukan, kesehatan, keamanan, semua aspek, deh.

Maka mari kita melek politik, agar tahu dan paham mana caleg, capres atau partai yang mau memperjuangkan kepentingan rakyat, kepentingan kita, bukan hanya demi kepentingan dia pribadi dan golongannya saja.

Nah, tantangan BEM UI terhadap para capres 2024 ini perlu banget kita simak, Moms. Dari sana kita akan tahu kapabilitas para capres. Paham tidak dengan Indonesia, bagaimana visi misinya, apa saja gagasannya untuk membuat bangsa lebih baik ke depannya. 
 
Plisss, jangan salah pilih ya, Moms.


5. Karena Pilihan Kita akan Dipertanggungjawabkan


Segala sesuatu pasti ada konsekuensinya, ya kan, Moms. Bahkan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Apapun pilihan kita dalam pemilu nanti, apakah memilih si A, si B, partai C, partai D atau bahkan tidak memilih alias golput pun, tetap akan kita pertanggungjawabkan.

Jika demikian bukankah lebih baik kita menggunakan pilihan kita dengan benar. Para ibu harus melek politik agar bisa menentukan pilihan terbaiknya. Mengakses semua informasi tentang para calon. Tapi, jangan juga termakan isu atau hoax ya, Moms. Kita harus pastikan sumber informasi yang valid. Bukan yang asal viral.

Siapkan Masa Depan Politik Indonesia


Happymoms masih ingat dengan ungkapan ini, kan?

"Masa depan suatu negara dilihat dari wanitanya. Jika wanitanya rusak, maka rusaklah negara tersebut. Namun jika wanitanya baik maka baik pulalah negaranya."

Sebagai seorang emak, ibu rumah tangga, kita turut menentukan masa depan bangsa. Para generasi penerus bangsa lahir dari rahim kita, dibesarkan dan dididik di rumah-rumah kita. Bagaimana kualitasnya adalah kita yang menentukan.

Kelak anak cucu kita yang akan berada di posisi para mahasiswa BEM UI saat ini, yang aktif mengawal jalannya perpolitikan Indonesia. 
Kelak anak cucu kita yang akan menjadi para pemimpin baru Indonesia.   

Masa depan politik Indonesia

Jika anak-anak itu dibesarkan oleh seorang ibu yang berwawasan luas, bunda yang mempunyai rasa nasionalisme tinggi dan emak yang tidak anti politik, Insya Allah akan hadir para pelaku politik yang berintegritas. Masa depan politik Indonesia akan jauh dari praktik-praktik kotor yang menciderai nilai-nilai Pancasila dan kepribadian luhur bangsa.

Perubahan itu diawali dari diri kita, Moms. Mari menjadi pribadi yang terus belajar, yang cerdas dan bijak. Mari menjadi emak-emak melek politik yang cinta Indonesia. 

Mari dukung BEM UI dalam gelaran debat capres 2024. Kita simak dan lihat siapa calon yang paling pas dan pantas untuk Indonesia. Semoga Allah karuniakan pemimpin yang adil dan bijaksana ya, Moms

💕💕






12 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Setuju,secuek2nya dengan huru hara politik. Saat jelang pemilu wajib melek politik ya mak seperti saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Jangan sampai termakan hoax dan jadi salah pilih

      Delete
  2. Rumah jadi rame menjelang tahun politik ya mak

    ReplyDelete
  3. Sepakat banget soal pertanyaan tapi di Islam kan tidak ada politik? Kenyataannya memang banyak yang acuh soal politik terutama emak-emak ya mbak. Padahal dalam segala lini kehidupan kita itu politik ada. Semisal besok mau masakin apa buat keluarga, uangnya bisa cukup sampai sebulan itu gimana juga termasuk politik hihi. Nice article mba Is

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Padahal kita para emak itu ahli strategi, ya. Berarti ahli politik. Politik keuangan, parenting dll. Hee...

      Delete
  4. bisa dijadikan catatan nih, melek politik juga perlu bagi emak"..

    ReplyDelete
  5. betul sekali ni, bentar lagi bakal rame

    ReplyDelete
  6. Masya allah keren ini, bener bener membuat emak seperti saya jadi melek

    ReplyDelete