Ganti Judul dan ALt sendiri

KUJAGA TANGANKU : Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Menarik dari Elhana

 

Review buku cerita anak yang menarik

Hai, Happymoms!

Pada setiap tahap perkembangan anak dibutuhkan stimulasi agar proses perkembangannya maksimal. Salah satunya dengan cara membacakan anak buku cerita. Berikut ini ada rekomendasi buku cerita anak yang menarik dari Elhana. Disimak ya, Moms. 


Identitas Buku


Judul buku: Kujaga Tanganku⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Penulis: Innu Virgiani, M.Psi., Psi.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Editor : Innu Virgiani, M.Psi., Psi. 

⁣⁣Ilustrator : Aisyatur Rosyadah

Layouter : Afrijal Saiful Mahbub

Nomer ISBN : 978-602-53506-3-4

Penerbit : PT. Elhana Edukasi Indonesia 

Tahun Terbit : 2020

Dimensi Buku :20x20 cm⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Finishing : Hardcover, laminating spot UV⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Jumlah halaman : 20 halaman⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Berat Buku : 300 gram

Harga : Rp. 75.000 

Burlb

Tanganku kuat, kakiku lincah, badanku sehat. Masya Allah aku punya tubuh yang berharga dari Allah.  

Apa yang boleh dan tidak boleh anggota badanku lakukan, ya? Bolehkah aku memukul, menendang atau berperilaku tidak baik? Apa pula yang sebaiknya dilakukan mata, telinga, bibir atau anggota badanku lainnya?

Mari, teman-teman kita belajar tentang menjaga tangan dan semua bagian tubuh yang kita punya untuk selalu melakukan kebaikan. 

Review buku cerita anak yang menarik
Sumber : IG Elhana learning center 


Kisah Sebelumnya

Buku KUJAGA TANGANKU disusun oleh penulis dari inspirasinya mengisi berbagai kegiatan parenting. Penulis menemukan bahwa ⁣⁣ternyata masih cukup banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajarkan perilaku yang diharapkan dilakukan oleh anak-anaknya, terutama ada anak usia di bawah tiga tahun (batita) yang sedang sangat senang bereksplorasi dengan tubuh dan lingkungannya. Salah satunya adalah batita yang mulai senang melempar atau memukul dengan tangan, menendang-nendang dengan kaki, dan lain sebagainya.⁣

⁣⁣Penulis menilai kesulitan tersebut sebenarnya bukan hanya karena ketidakmampuan orang tua dalam berkomunikasi dengan anak, tapi lebih kepada minimnya sarana atau fasilitas bagaimana mengajarkan perbuatan baik yang konkret ditangkap oleh anak.⁣

⁣⁣⁣⁣⁣Buku KUJAGA TANGANKU ini memberikan contoh konkret kepada ananda tentang perbuatan-perbuatan baik yang dapat dilakukan ketika mereka ingin memukul, melempar, atau lainnya.


Apa Saja Isinya?

Buku KUJAGA TANGANKU ini berisi tentang pengenalan anggota tubuh dan apa kegunaannya. Ada delapan anggota tubuh yang dibahas. Disampaikan lewat gambar yang lucu dan menarik.

Selanjutnya diajukan pertanyaan tentang kegunaan anggota tubuh. Apakah boleh untuk melakukan perilaku yang tidak baik? Contoh perilakunya adalah perilaku yang biasa dilakukan oleh anak-anak dalam kesehariannya.

Kemudian ditunjukkan perilaku apa yang seharusnya dilakukan oleh anak dengan anggota badan mereka.

Di bagian akhir dijelaskan juga alasan kenapa anak harus menggunakan anggota tubuhnya untuk kebaikan.


Review buku cerita anak yang menarik


Buku Cerita Anak yang Menarik

Buku KUJAGA TANGANKU ini diperuntukkan bagi anak mulai 1-5 tahun. Maka buku ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk anak-anak. 

1. Full color dan ilustrasi gambar 

Buku KUJAGA TANGANKU ini full color dan ilustrasi gambar di setiap halamannya. Dengan gambar yang lucu dan menarik serta sesuai dengan ketentuan syariat dalam menggambar. Juga disajikan dengan warna-warna kontras dan menarik untuk anak⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣. Hal ini tentu saja sangat mudah untuk menarik perhatian anak-anak agar fokus ke buku. 

2. Lift the flap book

Buku ini didesain unik dengan adanya halaman yang bisa dibuka ke atas atau lift the flap book. Tentu saja ini sangat menarik. Selain berbeda dengan buku kebanyakan, membuka halaman buku ke atas akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak di sela membaca buku. Anak dibuat penasaran dan bisa tetap menjaga fokusnya terhadap buku.

3. Bahasa dan ilustrasi yang sederhana

Bahasa yang ringkas, dengan kalimat pendek serta gambar yang sederhana, di setiap halamannya, sangat mempermudah anak untuk memahami pesan-pesan yang ingin ditanamkan.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Kalimatnya mudah dihafalkan oleh anak sehingga bisa dipakai untuk mengingatkan anak dalam kesehariannya. 

4. Hardcover dan kertas tebal

Buku KUJAGA TANGANKU ini didesain dengan kertas tebal AC 260 gsm glossy. Sehingga tidak mudah sobek ketika dibuka tutup oleh anak-anak. 

5. Ditulis oleh seorang psikolog⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Dengan pengetahuan dan pengalaman penulis dalam dunia parenting, buku ini sangat sesuai dengan tahapan perkembangan anak, baik dari sisi isi maupun cara penyampaiannya, hingga kemasan bukunya. 


Sederhana tapi Sarat Makna

Review buku cerita anak yang menarik

Bagi saya, buku KUJAGA TANGANKU ini seperti paket komplit, lho, Moms. Kanapa? Karena meski terkesan sangat sederhana dalam isi, tapi sebenarnya mengajarkan tiga hal penting kepada anak-anak.

Pertama, anak belajar tentang anggota tubuhnya

Pada usia batita, anak memang mulai mengenali diri dan lingkungannya. Buku ini sangat bisa dipakai untuk mengenalkan kepada anak agar anak hafal dengan anggota tubuhnya sendiri. 

Setelah membacakan gambar anggota tubuh yang ditunjukkan, minta anak untuk menunjuk anggota tubuh miliknya sendiri. 

Kedua, mengajarkan adab

Dengan memberikan contoh perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan, anak belajar tentang adab. Bagaimana dia harus menggunakan anggota tubuhnya, juga berperilaku yang baik agar tidak menyakiti orang lain. 

Ketiga, mengenalkan tauhid

Anak dikenalkan tentang siapa pencipta anggota tubuhnya. Kemudian ditekankan tentang kuasa Allah yang Maha Melihat. Jadi apapun yang anak lakukan dengan anggota tubuhnya, Allah akan mengetahuinya.


Must Have Item! 

Mungkin Mommies bertanya worth it gak punya buku ini? Kalau menurut saya, iya. Dengan harga yang kita bayarkan, buku yang kita terima sepadan dalam kualitas fisik maupun isinya. 

Elhana memang selalu menghadirkan buku-buku dan learning kit yang edukatif. Semua disusun sesuai dengan kebutuhan anak dalam rangka memberikan stimulasi bagi perkembangan anak di berbagai aspek. 

Buku ini menjadi salah satu favorit anak-anak saya. Biasanya akan dibaca dengan keras sambil dipraktikkan. Seru sekali aktivitas membaca kami jadinya.

Buku KUJAGA TANGANKU ini juga bisa dijadikan warisan turun-temurun dari kakak ke adiknya. Tetap awet meskipun dibaca hampir setiap hari.

Namun, memang masih dibutuhkan pendampingan saat membaca terutama untuk anak usia 1-2 tahun. Karena meskipun dibuat dengan kertas tebal, masih memungkinkan untuk tersobek oleh anak-anak. 


Bagaimana menurut, Happymoms? Apakah buku ini cukup menarik? Apakah tertarik juga untuk memiliki buku cerita anak yang menarik ini? Tulis di kolom komentar bagaimana pendapat Mommies, ya … 

4 comments

Terima kasih sudah mampir. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan dibaca juga postingan lainnya.
Dan Mohon tidak meninggalkan link hidup. Jika terdapat link hidup, mohon maaf komentar akan dihapus.
  1. Anak Paud/TK bahkan sebelum usia itu kayaknya harus melirik buku ini deh ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mom. Sangat relevan dengan tahapan belajar anak diusia paud.

      Delete
  2. Wah sebelumnya sudah hampir teracuni buku anak juga pas baca artikelnya mb Alfiana. Mbak Iis juga ternyata huhu. Jadi bingung pilih yang mana?

    ReplyDelete